Rock Phospate (RP) merupakan salah satu pupuk tunggal yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar sekaligus memperkuatnya khususnya pada awal pertumbuhan, mengakselerasi pembentukan bunga serta pemasakan biji dan buah, Posfor juga berperan sebagai bahan pembentuk inti dan dinding sel, memacu pertumbuhan akar muda, pemasakan biji dan pembentukan zat hijau daun atau klorofil, pembentuk enzim-enzim pernafasan, berguna dalam cadangan dan transfer energi (ATP & ADT), pembentuk komponen asam nukleat DNA/RNA serta sebagai tansporter energi hasil metabolisme tanaman.

Defisiensi Posfor (Phospate) secara umum akan timbul gejala pada tanaman sbb :
Pertumbuhan terhambat dan tanaman kerdil
Daun berubah menua kemerah-merahan
Buah kecil dan matang belum masanya
Kegagalan pembentukan biji
Perkembangan akar tidak sempurna

Rock Phospate (RP) Egypt atau Mesir adalah salah satu jenis batuan phospate berwarna coklat kekuningan yang berasal dari negara Mesir di Afrika Utara. Walaupun kadar Posfornya sebesar 28 % atau lebih rendah dibandingkan dengan TSP sebesar 46%, namun Rock Phospate lebih stabil dan larut dalam asam sitratnya sangat tinggi, kendati 30 % nya masih berbentuk batu. Selanjutnya batu-batu tersebut dipecahkan menjadi serbuk atau powder dengan mesh/tingkat kehalusan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

Kegunaan Rosk Phospate (RP) sama dengan SP dan TSP, yakni memacu pertumbuhan akar serta pembentukan perakararan yang baik, mempercepat pembentukan bungan serta mempercepat masaknya biji maupun buah, meningkatkan hasil panen.

Kelebihan aspek ekonomis Rock Phospate adalah harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan SP dan TSP, khususnya pada tanaman Kelapa Sawit yang sudah berumur tua > 15 tahun, dimana produktivitas rata-rata cenderung menurun, akan jauh lebih menguntungkan dalam pemupukannya menggunakan Rock Phospate dibandingkan menggunakan SP atau TSP, sehingga akan menekan biaya secara signifikan.

Adapun spesifikasi Rock Phospate yang kami jual adalah :
– Negara Asal = Mesir (Egypt) Kadar P2O5 = 28% – 29 %
– Kadar air maksimum = 1,59%
– Bentuk/Warna = Tepung/Coklat keabu-abuan

Anda TERTARIK?
Hubungi kami :
Nanang Aidil Kadri
HP : 08126354132

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *